Masyarakat Butuh Ambulance Puskesmas Baros ? Ini Kata Kapus Baros Rospinalis Temberina, S.ST

November 08, 2021
Senin, 08 November 2021

 


LEBAK, BeritaKilat.Com – Kepala Puskesmas Baros Rospinalis Temberina, S.ST, berikan tanggapan terkait video viral seorang warga yang mengalami kecelakaan lalu lintas hendak meminjam ambulance Puskesmas Baros Kecamatan Warung Gunung pada Kamis malam, 04 November 2021 lalu namun ditolak petugas puskesmas lantaran harus menempuh prosedur tetap atau Standar Operasional Prosedur (SOP) terlebih dahulu kemudian akhirnya dibawa dengan menggunakan Mobil Patroli Kepolisian Sektor Warung Gunung.

Dutemui di kantornya, kepada media ini, Kepala Puskesmas Baros Rospinalis Temberina, S.ST, menjelaskan kronologis kejadian malam itu hingga pasien tidak bisa dibawa menggunakan Ambulance Puskesmas Baros.  

“Perlu dijelaskan pak agar masyarakat tidak gagal faham dalam meresfon kejadian kemarin, dalam penggunaan ambulance, Puskesmas punya SOP nya yang harus dilalui, pertama pasien laka harus di periksa dulu disini agar diketahui jenis lukanya apakah harus dirujuk ke rumah sakit atau cukup ditangani disini saja, setelah dilakukan pemeriksaan, bila dipandang perlu penanganan harus dilakukan di rumah sakit, maka kami pihak Puskesmas mempersiapkan Ambulance untuk membawa pasien itu kesana,” ungkap Kapus Baros menjelaskan.

Rospinalis dalam konfirmasinya menerangkan bahwa, dirinya selaku Kepala Puskesmas sudah melakukan cek dan ricek terhadap anak buahnya atau petugas yang saat itu berada di Puskesmas untuk memastikan bahwa tidak ada kesalahan dalam penanganan pasien di Puskesmas yang dipimpinnya.

“Saya sudah menanyakan langsung kepada petugas yang saat itu ada Puskesmas pak, mereka menerangkan justru pasiennya tidak mau dirawat di Puskesmas malah ingin langsung dibawa ke Rumah Sakit menggunakan ambulance, kalau demikian tidak bisa seperti itu pak, karena hal itu malah bisa membahayakan pasien itu sendiri karena kita belum tau jenis lukanya seperti apa, dan saya juga bisa disalahkan kalau ada apa –apa karena melanggar SOP,” imbuhnya.

Diakhir penjelasannya, Kepala Puskesmas Baros berharap agar masyarakat khususnya di wilayah kerjanya dapat memahami secara utuh informasi yang beredar saat ini terkait penggunaan ambuance Puskesmas, karena Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Baros sejatinya adalah fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan upaya kesehatan masyarakat dan upaya kesehatan perseorangan tingkat pertama, dengan lebih mengutamakan upaya promotif dan preventif, untuk mencapai derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya. (Red)

“Seperti saat ini pak, kami sedang melaksanakan kegiatan vaksinasi terhadap warga masyarakat bekerja sama dengan unsur TNI, sampai saat ini sudah ada sekitar 4000 orang yang sudah di vaksin disini dari target 16.000 orang sampai akhir tahun nanti,” pungkas Kapus. (Red)

 

Thanks for reading Masyarakat Butuh Ambulance Puskesmas Baros ? Ini Kata Kapus Baros Rospinalis Temberina, S.ST | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments
Hide comments

0 comments on Masyarakat Butuh Ambulance Puskesmas Baros ? Ini Kata Kapus Baros Rospinalis Temberina, S.ST

Posting Komentar

Translate