KPM PKH Desa Jagaraksa Sebut Tak Pernah Pegang Butab Dan Kerap Dipungut Setiap Pencairan

September 19, 2024
Kamis, 19 September 2024

 


LEBAK, BeritaKilat.com - Berdasarkan informasi yang dihimpun Awak Media dan pengurus BK-LSM Kabupaten Lebak, salah seorang keluarga penerima manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH, ditemui di Desa Jagaraksa, Kecamatan Muncang, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, yang meminta agar namanya dirahasiakan mengeluh, lantaran selama ini buku tabungan (Butab) milik KPM PKH di Desa tersebut, diduga dikumpulkan secara kolektif oleh Oknum Ketua Rukun Tetangga (RT) setempat, dan setiap kali pencairan, diduga dipungut oleh Oknum Ketua RT, dengan kisaran bervariatif.

"Kami mah ga pernah megang buku tabungan PKH, karena diambil sama Pa RT, dan setiap pencairan bantuan PKH, Pa RT datang dan minta, ada pun nilainya, tergantung jumlah bantuan yang diterima"  kata sumber yang juga  merupakan KPM program PKH, Kamis, 19 September 2024. 

Menanggapi hal ini, Kordinator Badan Kordinasi LSM (BK-LSM) Kabupaten Lebak, Mamik Slamet menyesalkan atas perilaku oknum yang diduga menyalahgunakan kewenangannya untuk mencari keuntungan pribadi dengan memanfaatkan KPM Program PKH. 

"Dengan dalih apa pun, jika memang terbukti ada Oknum Ketua RT yang menyalahgunakan kewenangannya demi mencari keuntungan pribadi dari Program Bansos PKH, saya rasa sanksinya juga tak main-main, dan ini harus ditindaklanjuti" kata Mamik Slamet, ditemui di Sekretariat BK-LSM Kabupaten Lebak, Jalan Maulana Hasanudin, Kampung Rancagawe, Desa Aweh, Kecamatan Kalanganyar, Lebak, Banten. 

Menurut Mamik Slamet, Aparatur Pemerintahan Desa, seharusnya ikut mengawasi program bantuan sosial yang masuk ke Desa masing-masing, agar tepat sasaran dan tepat manfaat, sehingga warga yang benar-benar layak menerima bantuan, dapat merasakan manfaat program yang digulirkan oleh Pemerintah, baik pusat maupun daerah.

"Seharusnya program bantuan apa pun jenisnya, dikawal oleh pihak Desa, agar pemanfaatannya benar-benar dirasakan oleh Masyarakat, bukan malah disiasati untuk mencari celah buat nyari keuntungan pribadi, jelas ini ada dugaan maladministrasi dan pungli" timpalnya. 

Sementara itu, hingga berita ini dipublish, Awak Media masih berupaya meminta penjelasan dari  pihak-pihak terkait,  selaku penanggungjawab program PKH di Kabupaten Lebak. 

Redaksi.

Thanks for reading KPM PKH Desa Jagaraksa Sebut Tak Pernah Pegang Butab Dan Kerap Dipungut Setiap Pencairan | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments
Hide comments

0 comments on KPM PKH Desa Jagaraksa Sebut Tak Pernah Pegang Butab Dan Kerap Dipungut Setiap Pencairan

Posting Komentar

Translate