Doa Duduk di Antara Dua Sujud, Arab, Latin dan Maknanya

Agustus 06, 2021
Jumat, 06 Agustus 2021

Lebak, Beritakilat.Com - Banyak yang tidak memahami arti bacaan ketika Duduk di antara dua sujud atau duduk iftirasy, ini adalah rukun sholat yang dilakukan dengan setelah bangun dari sujud pertama sebelum bergegas menuju sujud ke dua. Dalam hadits Abu Dawud, dijelaskan duduk iftirasy dilakukan dengan tumpuan kaki.

Dari Rifa'ah bin Rafi, Rasulullah SAW bersabda:

"Apabila kamu sujud, sujudlah dengan meletakkan seluruh anggota sujud. Dan jika kamu bangkit dari duduk, maka duduklah dengan bertumpu pada kaki kirimu." (HR Abu Dawud).

Sholat merupakan kewajiban bagi setiap Muslim. Terdapat 11 rukun sholat yang disepakati para ulama empat mazhab salah satunya duduk di antara dua sujud.

Cara duduk yang dicontohkan Rasullah SAW adalah dengan membentangkan kaki kirinya, lalu duduk di atas telapak kaki kirinya itu dan menegakkan telapak kaki kanannya serta menghadapkan jari-jari kaki kanannya ke arah kiblat.

"Robbighfirlii warhamnii wajburnii warfa'nii warzuqnii wahdinii wa'aafinii wa'fu 'annii,"

Artinya: "Ya Allah ampunilah aku, rahmatilah aku, perbaikilah keadaanku, tinggikanlah derajatku, berilah rezeki dan petunjuk untukku"


Selain doa di atas, ada versi lain tentang doa duduk diantara dua sujud sebagaimana diriwayatkan oleh At Tirmidzi,


Dari Abdullah bin Abbas radhiallahu'anhuma juga, beliau berkata:


أنَّ النَّبيَّ صلَّى اللَّهُ علَيهِ وسلَّمَ كانَ يقولُ بينَ السَّجدَتَينِ : اللَّهمَّ اغفِر لي وارحَمني واجبُرني واهدِني وارزُقني


Artinya: "Biasanya Rasulullah Shallallahu'alaihi Wasallam ketika duduk di antara dua sujud beliau membaca: Allohummaghfirli warahmnii, wajburnii, wahdini, warzuqnii (artinya: Ya Allah ampunilah aku, rahmatilah aku, cukupkanlah aku, berilah aku petunjuk, dan berilah rezeki)." (HR. At Tirmidzi no.284, dishahihkan Al Albani dalam Shahih At Tirmidzi)


Doa duduk di antara dua sujud mengandung makna mendalam. Merujuk pada kedua hadits di atas, bacaan duduk di antara dua sujud merupakan permohonan seorang hamba kepada Allah SWT. Setidaknya ada 8 makna dalam bacaan tersebut, sebagai berikut:


Baca juga:

Rukun Sholat dan Hukumnya dalam Sholat Fardhu

1. Permohonan untuk diampuni dosanya

2. Permohonan untuk mendapatkan kasih sayang dari-Nya

3. Permohonan untuk menutupi segala kekurangan hamba-Nya

4. Permohonan untuk meninggikan derajat hamba-Nya

5. Permohonan untuk diberikan rezeki

6. Permohonan untuk diberikan petunjuk atau bimbingan ke jalan kebahagiaan

7. Permohonan untuk diberikan kesehatan

8. Permohonan untuk dihapuskan catatan kesalahan

Itulah bacaan dan makna yang terkandung dalam doa duduk di antara dua sujud. Semoga kita semua termasuk orang yang mendapatkan ampunan-Nya.


d/erd)



Thanks for reading Doa Duduk di Antara Dua Sujud, Arab, Latin dan Maknanya | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments
Hide comments

0 comments on Doa Duduk di Antara Dua Sujud, Arab, Latin dan Maknanya

Posting Komentar

Translate