PT Rubicon Ajak Mediasi Warga Terkait Limbah

November 22, 2021
Senin, 22 November 2021



Serang, BeritaKilat.Com – Perwakilan aksi Forum Masyarakat Pasirbuyut Bersatu (FMPBB) bersama muspika Kecamatan Jawilan lakukan mediasi dan audensi bersama PT Rubicon Jaya Abadi di lingkungan pabrik. Senin 22 November 2021. 

Dalam mediasi yang di inisiasi oleh Kanit intelkam Polsek Kecamatan Jawilan ini dihadiri oleh seluruh unsur muspika kecamatan Jawilan, tokoh pemuda serta perwakilan masyarakat. 

Audensi diawali dengan sambutan pimpinan perusahaan PT Rubicon yang diwakili oleh Syamsurdin Tjandra serta ucapan terimakasih atas kesediaan masyarakat untuk beraudensi dengan pihak perusahaan.

“Saya ucapkan terimakasih dan mengapresiasi terhadap masyarakat yang tadinya mau aksi jadi mediasi, terkait beberapa tuntutan perlu kami jelaskan dihadapan perwakilan masyarakat yang hadir disini. Soal limbah fly ash tidak ada perusahaan yang seratus persen dapat menghilangkan dampak fly ash langsung terhadap masyarakat,” ujar Syamsurdin. 

Pada bagian lain, Syamsurdin atas nama perusahaan berkomitmen akan selalu membuka kran komunikasi dan perbaikan sistem pengelolaan limbah fly ash. Ia juga meminta maaf apabila dalam pelaksanaanya masih ada kekurangan dan dianggap belum dapat memuaskan masyarakat. 

“Untuk poin kedua terkait Pengawasan dinas, kami sudah beberapa kali mengundang dinas terkait untuk datang langsung ke pabrik melihat upaya kami dalam mengelola Limbah B3,” imbuhnya. 

Syamsurdin juga berharap dalam menyikapi persoalan menyangkut adanya insiden yang terjadi seperti yang ada dalam tuntutan warga, para pihak dapat meredam keadaan dan menghormati proses hukum.

“Negara kita adalah negara hukum, dan setiap orang sama derajatnya Dimata hukum, untuk itu marilah kita sama sama menghormati proses hukum yang sedang berjalan,” ucapnya.

Ditempat yang sama, Plt. Kades Pasirbuyut Muhamad saat memberikan sambutannya berharap pihak perusahaan selalu resfonsip terhadap aspirasi masyarakat sekitar serta menjaga sinergitas agar situasi kondusif. 

“jangankah membuat masyarakat merasa keberadaan perusahaan ini justru jadi bumerang, jaga selalu kondusifitas lingkungan, semoga pertemuan ini membawa manfaat dan jalan keluar, tanpa merugikan kedua belah pihak,” pesan Muhamad.

Sementara itu ketua karang taruna desa Pasirbuyut Nana Suryana dalam kesempatan ini mengucapkan permohonan maafnya kepada  Haryanto salahsatu karyawan yang menjadi korban insiden yang terjadi beberapa waktu lalu. 

“Saya selaku ketua karang taruna Desa Pasirbuyut secara pribadi dan organisasi mengucapkan permohonan maaf atas apa yang terjadi terhadap pak Haryanto, kedepan saya berjanji akan selalu mengedepankan aspek musyawarah dalam menyikapi persoalan dengan perusahaan PT Rubicon,” ungkap Nana. 

Dipihak lain, Haryanto selaku korban, memaafkan serta menjelaskan bahwa sesungguhnya ia hanya menjalankan tugas pimpinan, sebagai karyawan ia merasa bahwa apa yang ia lakukan adalah bentuk ketaatannya selaku bawahan. 

“Hanya saja saya juga bersedih atas apa yang terjadi, saya pribadi tidak melihatnya dari satu aspek saja tetapi melihat jangka panjang serta keberlangsungan hubungan antara perusahaan dengan masyarakat. Saya yakin persoalan ini akan selesai dengan jalur musyawarah, dan saya sendiri mohon maaf apabila dalam penyampaian kemarin menyinggung ketua karang taruna,” pungkasnya.

Terakhir, himbauan Kamtibmas disampaikam oleh Kanit Reskrim Polsek Jawilan, Iptu Surya mengingatkan agara selalu mentaati protokol kesehatan agar terhindar dari penyebaran Covid-19, Kanit juga mengucapkan terimakasih kepada perwakilan masyarakat dapat menjaga situasi aman dan kondusif. 

“Saya berharap selaku kamtibmas, dalam musyawarah ini kita dapat menghasilkan kebaikan bagi para pihak, pihak kepolisian tidak akan mengintervensi apapun keputusan dalam musyawarah ini, saya hanya ingin mengajak semua pihak agar menjaga kesehatan dengan selalu mentaati protokol kesehatan agar Jawilan terhindar dari sebaran covid19,” pungkasnya. (Red)

 


Thanks for reading PT Rubicon Ajak Mediasi Warga Terkait Limbah | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments
Hide comments

0 comments on PT Rubicon Ajak Mediasi Warga Terkait Limbah

Posting Komentar

Translate