Mengetahui Masyarakat Terendam Banjir, Babinsa Rangkasbitung Timur Sigap Turun Ke Lokasi Banjir di Kampung Cipendeuy

April 14, 2024
Minggu, 14 April 2024

 


Lebak, BeritaKilat.com – Tingginya Intensitas curah hujan pasca idulfitri 1445H di Kabupaten Lebak Propinsi Banten, membuat beberapa wilayah mengalami banjir dadakan. Salahsatunya di Kampung Cipendeuy RT 01 dan 02 RW 08 Desa Rangkasbitung Timur Kecamatan Rangkasbitung terendam dengan kedalaman sebatas lutut atau 50 Centimeter.

Sersan Andi Bintara Pembina Desa (Babinsa) Rangaksbiting Timur mengatakan  Banjir Kali ini terjadi diduga lantaran guyuran hujan yang terus menerus dari 2 hari yang lalu dan ada sekitar 72 Rumah warga yang terendam tapi masih dalam situasi aman terkendali.

“Saya memastikan bahwa tidak ada warga yang kondisinya urgent, Alhamdulillah hanya sebatas terendam saja dan saya coba arahkan warga yang akan melintas ke Kampung Cipendeuy dan Cihiang diarahkan putar balik karna di khawatirkan  terjadi sesuatu  yang tidak diinginkan mengingat air sekitar 50-60 centimeter menggenangi jalan dan di khawatirkan mati mesin,” ujar Andi.

Andi menambahkan selain 72 rumah warga yang terendam ada juga pondok pesantren. dan hingga saat ini belum ada pihak terkait seperti BPBD Lebak atau Tagana  yang stanby di lokasi bencana banjir.

“Belum ada pihak – pihak terkait yang datang melakukan tindakan akibat banjir ini, dan saya berharap agar tidak terjadi hal yang sama, kedepan supaya ada normalisasi kali atau bendungan cijoro,”  imbuhnya.

Sementara itu ditemui awak media, Hendi selaku Ketua RT 02 Cipendeuy (14/04/24) mengatakan musibah banjir  yang terjadi kali ini cukup besar karena ketinggian air sampai dengan 60 meter serta menggenangi puluhan rumah dan pesantren. Akses Jalan menuju Dua Kampung terpaksa tertutup sementara karena  riskan dilewati.

“Kemungkinan aliran kali cijoro tidak bisa menampung debit air yang begitu besar, sungai ini kan dialiri beberapa sungai seperti dari Karian,Leuwi Jurig , Makam Lima , Solear semua masuk ke aliran   kali bendungan  Cijoro bendungan. Di RT saya RT 02 ada 40  Rumah yang tergenang banjir sisanya di RT 01 dan sampai saat ini kami belum tersentuh  dari  BPBD Lebak ,Tagana, atau Desa,” ungkapnya

Ia juga berharap agar pemerintah disegerakan menata Bendungan Cijoro Bendungan karena dihulu sungai sudah mengalami penyempitan, selain itu tumpukan sampah juga memberikan andil besar sehingga perlu segera dinormalisi.

“Agar ada solusi supaya tidak setiap musim penghujan turun kami selalu menanggung akibatnya,” tutupnya.

Terpisah, salah seorang warga yang berhasil ditemui media ini bernama Jumsiah  (60) mengaku merasa kewalahan karena rumahnya persis di atas bantaran kali Cijoro Bendungan. 

“Saya sangat berharap segera diperbaiki sungainya, agar rumah saya tidak selalu terkena banjir,” (Gus)

Thanks for reading Mengetahui Masyarakat Terendam Banjir, Babinsa Rangkasbitung Timur Sigap Turun Ke Lokasi Banjir di Kampung Cipendeuy | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments
Hide comments

0 comments on Mengetahui Masyarakat Terendam Banjir, Babinsa Rangkasbitung Timur Sigap Turun Ke Lokasi Banjir di Kampung Cipendeuy

Posting Komentar

Translate