Terkait Isu Miring Program Jambanisasi di Desa Sudamanik, Kades Rendi : Itu Kritik Membangun Plus Minus Program Itu Sudah Biasa

Agustus 01, 2024
Kamis, 01 Agustus 2024

 


LEBAK, BeritaKilat.com – Realisasi Program Bantuan Sanitasi (Jambanisasi) untuk 100 orang warga Desa Sudamanik Kecamatan Cimarga Kabupaten Lebak sudah selesai dilaksanakan. 

Hal ini dikatakan oleh Kepala Desa Sudamanik Rendi Irwan saat ditemui wartawan di kediamannya. Rabu 31 Juli 2024.

“Program ini diperuntukan bagi warga yang belum mempunyai sanitasi atau WC di rumahnya, ada 100 orang warga penerima manfaat dari program ini dan kami merealisasikannya tanpa pandang bulu, yang penting penerima manfaat belum mempunyai jamban,” terang Kandes Rendi. 

Ditanya terkait adanya isu miring penerima manfaat tidak tepat sasaran, secara lugas Rendi menjelaskan. Tim Pelaksana Kegiatan sudah bekerja semaksimal mungkin dengan berpedoman pada juklak juknis kegiatan dengan mempertimbangkan kemanfaatan serta kebutuhan warganya. 

 "Dalam sebuah kegiatan kan sudah biasa ada plus minusnya dan adanya isu seperti itu saya anggap sebagai kritik membangun untuk bekerja lebih baik lagi, dan saya sebagai kepala desa berharap seluruh warga masyarakat Desa Sudamanik yang mendapatkan bantuan ini bisa memanfaatkan dan merawat bantuan ini dengan baik, saya tidak akan membeda bedakan dalam merealisasikan program, karena semua warga masyarakat saya yang harus saya perhatikan,“ ucapnya. 

Sementara itu, Rohmat (35) salah satu anggota Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Desa Sudamanik menjelaskan bahwa program ini menyasar kepada seluruh masyarakat yang belum mempunyai sanitasi atau WC di rumahnya, dengan kata lain semua masyarakat bisa diajukan untuk mendapatkan bantuan. 

“Tentu saja dalam merealisasikan program ini ke penerima manfaat, kami sebagai pelaksana kegiatan, terlebih dahulu melihat serta mempertimbangkannya dari berbagai aspek, siapapun yang bisa dibantu pasti kita bantu sesuai kuota yang ada, yang belum terbantu mohon bersabar, ” ucap Rohmat. 

Pada bagian lain,  Hendi, salah satu warga masyarakat penerima manfaat program sanitasi ini mengaku, dirinya memang betul – betul belum memiliki jamban di rumahnya dan dengan adanya program ini, dia selaku masyarakat dari golongan lemah dalam hal ekonomi sangat merasa terbantu. 

“Alhamdulillah kami sekeluarga bersukur akhirnya dapat memiliki jamban sendiri, jadi tidak harus ke kebon lagi atau ke sungai untuk buang hajat, terima kasih kepada semua pihak yang sudah membantu,” pungkas Hendi. (*) 

Pewarta : Yadi Kuncir

Kepala Biro Lebak 


Thanks for reading Terkait Isu Miring Program Jambanisasi di Desa Sudamanik, Kades Rendi : Itu Kritik Membangun Plus Minus Program Itu Sudah Biasa | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments
Hide comments

0 comments on Terkait Isu Miring Program Jambanisasi di Desa Sudamanik, Kades Rendi : Itu Kritik Membangun Plus Minus Program Itu Sudah Biasa

Posting Komentar

Translate