Pekerjaan Kontruksi Tanggul Sungai DAS Cisangu Dinilai Janggal Dan Diduga Berbau Korupsi

September 02, 2024
Senin, 02 September 2024


LEBAK, BeritaKilat.com - Pekerjaan Tanggul sungai Cisangu di kecamatan cibadak kabupaten Lebak terus mendapat sorotan dari aktifis anti korupsi kabupaten Lebak. Encep Mulyadi, Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat Gerakan Pemuda Banten yang getol sekali mengkritik pekerjaan ini kembali berkomentar pedas. 

Kritik dan protes keras Encep terhadap pekerjaan tersebut terlebih karena dia telah beberapa kali turun investigasi ke lokasi proyek. Dia mengaku mencium aroma ketidaksesuaian Anggaran dengan hasil pekerjaan. Dia menduga ada tindakan korupsi didalam kegiatan tersebut. 

“ Saya kritik mungkin lebih kepada protes ini, bulak balik lokasi pekerjaan akhirnya saya investigasi bawa meteran, batunya berapa kubik kawat bronjong nya berapa meter, galian nya dan yang lain-lain saya investigasi kesimpulannya saya duga ada praktek korupsi nih di proyek ini.” Katanya. 

Berdasarkan pagu anggaran jika disesuaikan dengan matrial hasil pekerjaan sangat jauh. Encep mengatakan jika seluruh material yang di beli pihak UPTD untuk membangun tebing tanggul Cisangu itu dipasang dan dibangunkan semua maka sudah dibayangkan hasilnya akan tiga kali lipat hasil pekerjaannya.  Mengatakan koring tenaga kerja nya juga berbeda. 

“ Yang saya fahami dari dokumen yang saya punya yaitu pagu material kontruksi dan pagu tenaga kerja kontruksi terus saya sesuaikan dengan Standar Harga Satuan Provinsi Banten tahun 2024 jika penyelenggara dan pengelolanya jujur terbayang oleh saya material yang dibeli oleh pihak UPTD itu dipasang semua mungkin kita bisa lihat pemandangan tiga kali lipat volume dari hasil yang kita lihat sekarang.” Tambahnya. 

Ketika ditanya gambaran kerugian negara dari pekerjaan itu Encep terkesan berat menyampaikannya, dia hanya tersenyum dan mengatakan bahwa dia sudah full data untuk dilanjutkan ke pihak APH.

“ Gmana yah..saya belum bisa sampaikan dugaan kerugian negaranya hanya saya yakin dugaan saya benar.sudah full data dan analisa, tinggal nanti biar aparat berwenang yang memastikan jumlah kerugian negaranya.” Ucapnya sambil tersenyum.

Terakhir encep menyampaikan rencananya untuk minta klarifikasi kepada pihak UPTD pengelolaan DAS CIUJUNG-CIDANAU. Dia mengatakan jika pihak UPTD P DAS CIUJUNG-CIDANAU tidak bisa mengklarifikasi nanti, itu dia anggap sinyal terkonfirmasi dugaan tindakan korup di pekerjaan kontruksi tebing dan tanggul sungai Cisangu. Dia akan teruskan lapor ke Aparat Penegak Hukum Wilayah Kabupaten Lebak. 

“ Saya akan bersurat meminta klarifikasi atas hasil investigasi dan analisa saya ke pihak UPTD P DAS CIUJUNG-CIDANAU, kalau tidak direspon dan ada klarifikasi dugaan saya makin kuat kalau ada praktek korup di kegiatan pekerjaan ini. saya lanjutkan ke Aparat Penegak Hukum wilayah Kabupaten lebak. 

Diberitakan sebelumnya Encep Mulyadi Aktifis Lembaga Swadaya Masyarakat Gerakan Pemuda Banten menyoroti dua kegiatan yaitu kegiatan dii Daerah Irigasi Cisangu Bawah dan kegiatan pekerjaan bronjong tebing dan tanggul sungai Daerah Aliran Sungai Cisangu. (Red) 


Thanks for reading Pekerjaan Kontruksi Tanggul Sungai DAS Cisangu Dinilai Janggal Dan Diduga Berbau Korupsi | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments
Hide comments

0 comments on Pekerjaan Kontruksi Tanggul Sungai DAS Cisangu Dinilai Janggal Dan Diduga Berbau Korupsi

Posting Komentar

Translate