Koalisi Organisasi Pers Bersatu KOPTU Sambangi Kantor ATR/BPN Dan Dinas Pertanian Lebak, Ada Apakah Gerangan?

Oktober 15, 2024
Selasa, 15 Oktober 2024

 


LEBAK, BeritaKilat.com - Koalisi Organisasi Pers Bersatu (KOPTU) yang terdiri dari beberapa Organisasi Pers yang ada di Kabupaten Lebak, menyambangi kantor Agraria dan Tata Ruang /Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) dan Dinas Pertanian Kabupaten Lebak. Selasa 15 Oktober 2024.

Dalam kunjungannya ke dua instansi pemerintah tersebut, KOPTU yang dibentuk oleh beberapa Organisasi Pers atas dasar persamaan persepsi serta visi misi dalam menjalankan Pers Indonesia sesuai dengan amanat undang-undang nomor 40 tahun 1999 ini, bertujuan untuk lebih mempererat serta menjalin silaturahmi dengan semua instansi pemerintah khususnya di Kabupaten Lebak.

Koordinator Koalisi Organisasi Pers Bersatu (KOPTU) Abdul Kabir Albantani melalui juru bicaranya Aji Rosyad menjelaskan. Dalam negara demokrasi, kemerdekaan menyatakan pikiran dan pendapat sesuai dengan hati nurani dan hak memperoleh informasi merupakan hak asasi manusia yang sangat hakiki.

“Disinilah peran pers sangat diperlukan. Pers menjadi wahana komunikasi massa, penyebar informasi sekaligus pembentuk opini. Oleh karena itu, pers harus dapat melaksanakan asas, fungsi, hak, kewajiban, dan peranannya dengan sebaik-baiknya berdasarkan kemerdekaan pers yang profesional. untuk itu kami memperkenalkan diri sebagai salahsatu elemen Pers yang baru hadir dan terbentuk kepada semua stake holders yang ada di Kabupaten Lebak, agar dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai kontrol sosial dapat bersinergi dengan semua pemangku kebijakan,” bebernya.

Di tempat yang sama, Kepala Kantor ATR/BPN Kabupaten Lebak Aan Rosmana, S.SiT., M.M., M.H. di sela – sela perbincangannya dengan Koalisi Organisasi Pers Bersatu mengungkapkan. Pihaknya sebagai salah satu instansi vertikal yang ada di Kabupaten Lebak, menganggap betapa pentingnya jalinan silaturahmi dengan semua elemen Pers dalam upaya membangun sinergitas dengan para insan Pers terutama yang ada di Kabupaten Lebak, untuk lebih memperluas serta mempermudah dalam memberikan dan menyampaikan berbagai informasi kepada masyarakat terkait program kerja di lingkungan Kantor ATR/BPN yang dipimpinnya.

Dalam kesempatan ini juga Aan Rosmana, S.SiT., M.M., M.H. menjelaskan capaian serta kinerja ATR/BPN Lebak dalam rangka mendukung pemerintah Kabupaten Lebak dalam melaksanakan pembangunan di segala bidang.

“Ada banyak hal yang sudah kami lakukan dalam menopang pembangunan yang sedang dan sudah serta akan dilaksanakan oleh pemda Lebak, terutama berkaitan dengan pertanahan yang menjadi domain kami, seperti halnya program percepatan PTSL yang sedang berjalan di hampir semua desa atau 53486 bidang tanah yang harus diterbitkan sertifikatnya, kami juga sudah menyiapkan lahan sekitar 24000 Meter di tiga lokasi Desa untuk kebutuhan pembangunan SPAM yakni Warunggunung, Pasir tanjung dan Maja yang harus selesai tahun ini,” terang Kakan ATR/ BPN Aan Rosmana, S.SiT., M.M., M.H. di ruangannya.

Ditempat terpisah, Kepada Dinas Pertanian Kabupaten Lebak Rahmat, S. STP., M.Si., melalui Kabid Produksi Distan Lebak, Denny Iskandar, S. STP., M.Si kepada sejumlah ketua Organisasi Pers yang hadir menjelaskan. Ketidak hadiran Kepala Dinas dalam audensi bersama KOPTU adalah semata mata lantaran sedang Dinas luar yang tidak dapat ditinggalkan. Untuk itu dirinya selaku perwakilan yang ditunjuk pimpinan perlu memberikan informasi terkait hal tersebut agar tidak ada kesalahfahaman.

“Sesuai amanat dari kepala Dinas Beliau menghaturkan permohonan maaf karena tidak dapat hadir dan menemui para ketua Organisasi Pers dalam audensi dan silaturahmi ini, tetapi hal ini mudah mudahan tidak akan mengurangi esensi dari pertemuan ini. Pada dasarnya kami menyambut baik kehadiran Koalisi Organisasi Pers Bersatu atau KOPTU di lingkungan Dinas Pertanian Kabupaten Lebak. Semoga kehadirannya dapat menambah khasanah serta warna baru dalam memberikan informasi serta edukasi kepada masyarakat khususnya informasi tentang kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Pertanian,” ungkap Deny.

Lebih jauh Deny menjelaskan. Dalam hal kerjasama publikasi terkait kegiatan Dinas pihaknya mengakui belum bisa berbuat banyak karena ketiadaan anggaran. Tetapi dirinya berjanji akan terus berupaya untuk bisa mengakomodir permohonan dari Organisasi Pers yang tergabung di Koalisi Organisasi Pers Bersatu (KOPTU).

“Kami akan terus berupaya dengan segala keterbatasan dana yang ada, bahkan memang akhir – akhir ini memang tidak ada anggaran untuk publikasi di media massa, tapi kami berjanji akan terus berupaya mengajukan biaya publikasi tersebut agar bisa mengakomodir kepentingan Dinas dalam penyajian informasi kepada masyarakat,” pungkasnya. (Tim)


Thanks for reading Koalisi Organisasi Pers Bersatu KOPTU Sambangi Kantor ATR/BPN Dan Dinas Pertanian Lebak, Ada Apakah Gerangan? | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments
Hide comments

0 comments on Koalisi Organisasi Pers Bersatu KOPTU Sambangi Kantor ATR/BPN Dan Dinas Pertanian Lebak, Ada Apakah Gerangan?

Posting Komentar

Translate